twitter
rss

Setelah terjun ke dalam kelas, dan berdiri di depan kelas akhirnya saya mau tak mau, suka tak suka, cinta tak cinta (nah kok?) harus mengamati kejiwaan siswa dalam kelas. Setelah diamati ternyata ada 2 jenis siswa dalam kelas yaitu laki-laki dan perempuan,.. -_- semua juga dah tahu ya., hehe..
Secara psikologis anak-anak usia SMP-SMA mengalami masa-masa puber, biasanya masa puber punya kendala dalam mengenal diri-sendiri. Nah, kali ini saya akan membahas jenis-jenis murid berdasarkan tingkat kesadarannya. Memangnya ada murid yang kalau diajar gag sadar?ADA KOK! saya juga dulu gitu..hehe

Jenis murid berdasarkan kesadaran akan kemampuannya :


1. Murid yang tidak sadar akan ketidakmapuannya.

Murid yang tidak sadar akan kemampuannya, biasanya punya ciri seperti, tenang, pendiam, tenang, tenang, terlalu tenang, saking tenangnya malah tidur...

Ya, biasanya murid yang seperti ini hanya nebeng duduk di kursi kelas, mendengarkan mp3 dari mulut gurunya, ditambah backing vocal dari teman-temannya..hmm, nyaman buat ngalamun atau tidur ya. Sehingga apa yang disampaikan oleh guru tidak sampai dicerna dengan baik, sehingga ia bingung kalau disuruh bertanya, apalagi ditanya!tambah bingung dia. Biasanya guru jadi bingung ngajar disini, gurunya aja bingung gimana muridnya. Jika satu kelas seperti ini bisa seperti kuburan kelasnya.

Jika kalian masuk ke kategori murid ini, kalian harus tidak terima dengan kenyataan, alias harus berubah! Change your ways... Sadari apa kekurangan kalian, ubahlah, dan insyaAllah hidupmu akan berubah.

2. Murid yang sadar akan ketidakmampuannya.

Nah kalau murid yang begini yang agak mendingan, dia sudah berusaha melawan takdir. Dengan mengadakan evaluasi terhadap dirinya, apa kekurangnya , dimana ia tidak mampu belajar. Ini sikap yang progresif, artinya ada kemajuan dari si murid, cirinya disini ia mulai berani bertanya walau bahasanya pletat-pletot gag jelas. Tapi ini patut mendapat apresiasi, artinya ia sudah berani melangkah menjadi lebih baik. Hanya kalau gurunya tak medukung bisa-bisa murid seperti ini akan terbunuh karakternya, semoga saja para bapak/ibu guru mampu memahaminya. Dan untuk murid-muridku JANGAN MENYERAH!(sok yes)

Jika kamu merasa jadi murid kategori seperti ini.. lanjutkan! dont be give up!

3. Murid yang sadar akan kemampuannya.

Murid tipe ini sudah bisa masuk kategori sukses, sebab ia sudah sadar mana kelemahannya dan mana kelebihannya. Butuh waktu yang tak singkat buat seseorang untuk memahami diri sendiri seperti ini. Kalau banyak murid seperti ini dikelas, biasanya kelasnya rame, kisruh, tapi tetap terkondisikan dalam kegiatan belajar mengajar. Jika yang menghadapi guru yang kurang pengalaman akan kelabakan, seperti saya contohnya.. T_T

4. Murid yang tidak sadar akan kemampuannya

Nah klo jenis terakhir ini yang bisa menjadi buah simalakama, murid seperti ini biasanya hyperaktif, gag bisa tenang dalam pelajaran, ribut, pertanyaan pun aneh-aneh. Jika yang dibahas A dia kadang sudah sampai Z. Jadi murid ini lepas kontrol dan ekspresif. Tapi ini juga baik, sebab karakter yang ditonjolkan dari sikap ekspresifnya menunjukkan masa depannya kelak.

Kalau sudah jadi murid seperti ini pertahankan, kalian akan dibilang aneh, cerewet, banyak tanya dan lain sebagainya. Tapi murid seperti inilah yang akan mengubah masa depan bangsa ini.



Yap, sudah selesai, Mau jadi murid seperti apapun kalian, tetap bejuang meraih yang terbaik. Jangan merokok, jauhi Narkoba, dan hindari pergaulan bebas. Jalan kalian masih panjang, jalan hidup bisa diubah, yang tidak bisa diubah adalah jembatan menuju surga, dan jurang ke neraka, mumpung diberi kesempatan hidup, manfaatkan sebaik-baiknya.

0 komentar:

Posting Komentar